BPKP SAMBANGI MADRASAH KUBU RAYA EVALUASI PROGRAM PIP TAHAP I TAHUN 2021

BPKP SAMBANGI MADRASAH KUBU RAYA EVALUASI PROGRAM PIP TAHAP I TAHUN 2021

 

PENDIS KUBU RAYA_ Dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar (PIP), mulai tanggal 23 Agustus– 10 September 2021 tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terjun ke lapangan menuju Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) baik Negeri maupun swasta. Berdasarkan surat tugas yang disampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya nomor ST-407?PW14/2/2021 BPKP akan melakukan evaluasi atas program Indonesia Pintar selama 15 hari.

Madrasah pertama yang dituju oleh BPKP adalah Madrasah Aliyah Negeri 1 Kubu Raya yang terletak di Kec Rasau Jaya. Kepala MAN 1 Kubu Raya Hj. Sofiatun, M.Pd meyambut baik kedatangan BPKP dan berharap kedatangannya dapat memberi koreksi, saran dan petunjuk sehingga pelaksanaan PIP ke depan semakin baik dan rapi.

Dalam kunjungannya, petugas tim BPKP didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kab Kubu Raya Muhammad Amin, SEI, M.Pd. dalam sambutannya kasi pendis menyampaikan bahwa evaluasi pelaksanaan PIP ini sebagai tolok ukur untuk mengetahui lebih lanjut apakah PIP yang disalurkan benar-benar tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. pihak madrasah mesti merencanakan pelaksanaan PIP sesuai dengan Juknis yang telah dibuat oleh pemerintah. Perencanaan tersebut menekankan pada aspek tujuan, proses, sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang diperlukan. Tujuan pemberian bantuan dana PIP di madarsah Kubu Raya untuk membantu peserta didik dalam memenuhi kebutuhan, khususnya bagi siswa-siswi yang kurang mampu karena kesulitan ekonomi. Kasi pendis juga mengingatkan pentingnya kepala madrasah agar mamfaat PIP benar-benar terasa dan menyentuh bagi siswa yang membutuhkannya dengan catatan, walaupun proses pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) dilakukan secara online namun kepala madrasah tetap mempunyai tugas untuk mendokumentasikan semua berkas yang berkaitan dengan program bantuan mulai dari tahap verifikasi, validasi sampai pada tahap pencairan dan penyaluran kepada siswa.

Setelah MAN 1 Kubu, tim evaluasi menuju ke MIN 2 yang berlamat di Rasau Jaya Tiga. Kepala madrasah MIN 2 Solihin, S.Pd.I mengawali sambutannya bahwa siswa MIN 2 yang mendapat bantuan dana PIP sebanyak 125 Orang dan terus akan melakukan verifikasi agar siswa lainnya yang sudah layak memperoleh bantuan bisa mendapatkan haknya di tahap berikutnya. Menurutnya PIP tahap I tahun 2021 sudah disalurkan kepada siswa yang berhak menerimanya sesuai dengan besaran dana masing-masing, sambil menyulurkan berkas-berkas yang diminta oleh tim untuk di evaluasi.

Terakhir tim evaluasi menuju ke MTsN 1 yang letaknya tidak jauh dari MIN 2 yaitu di desa rasau jaya tiga atau masyarakat setempat menyebutnya dengan kampung Rajati. kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kubu Raya Safriyanto, S.Pd.I langsung menyambut kedatangan tim dan mempersilahkan masuk. Safriyanto mengungkapkan bahwa terdapat  58siswa yang mendapat bantuan PIP tahap I tahun 2021 dan semua bantuan tersebut ditransfer langsung ke rekening masing-masing melalui bank penyalur yang ditunjuk.

Kemudian tim menyampaikan bahwa evaluasi akan dilanjutkan esok hari dan meminta pihak madrasah dapat menghadirkan 5 orang siswa yang sudah mencairkan PIP dan 1 orang siswa yang layak menerima tapi tidak dapat bantuan di tahap I tahun 2021 untuk diwawancarai. dengan tujuan yang sama bahwa keadatangan BPKP ke MTsn tidak lain adalah untuk melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan PIP tahap I tahun 2021. Hingga laporan ini ditulis belum ada temuan menyangkut pelaksanaan PIP karena evaluasi akan terus dilanjutkan sampai tanggal 10 September 2021. Evaluasi juga akan dilakukan pada madrasah swasta jenjang MI MTs dan MA di Kabupaten Kubu Raya.