KKG MI RASAU JAYA SELENGGARAKAN WORKSHOP VIDEO PEMBELAJARAN

KKG MI RASAU JAYA SELENGGARAKAN WORKSHOP VIDEO PEMBELAJARAN

 

PENDIS KUBU RAYA_ Dalam rangka Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) maka guru madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kecamatan Rasau Jaya mengadakan kegiatan  Workshop Pembelajaran Interaktif pada tanggal 26 Agustus 2021 di MI Miftahul Khoir kecamatan Rasau Jaya. Issu hangat yang diangkat dalam kegiatan ini adalah berhubungan dengan media pembelajaran di masa pandemi covid19 yakni pembuatan video tutorial pembelajaran berbasis teknologi. 

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembuatan video pembelajaran ini, Kelompok Kerja Guru Kecamatan Rasau Jaya menghadirkan 2 orang tutor yaitu Sarwanto, S.Pd.I dari tim fasilitator Provinsi (FASPROV) dan Sutinah, S.Pd.I dari Fasilitator Daerah (FASDA) keduanya berasal dari Kabupaten Kubu Raya. 

Hadir dalam kegiatn tersebut Muhammad Amin, SEI, M.Pd sebagai Kasi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten kubu Raya, Tugino, S.Pd.I dan Anwar M Noer S.Pd.I Sebagai Pengawas madrasah didampingi oleh Solihin, S.Pd.I selaku Pembina KKG MI dan Ali Yudi, S.Pd selaku tuan rumah kegiatan.

Ketua KKG MI Kecamatan Rasau Jaya Karmini, S.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada kasi Pendis, pengawas, Fasprov, Fasda dan peserta workshop yang telah hadir turut menyukseskan kegiatan tersebut. Karmini berharap setelah kegiatan ini para peserta mampu mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan skill guru menggunakan teknologi. Guru diajak dan diundang untuk mengikuti kegiatan semata-mata untuk meningkatkan kemampuan dalam merenovasi teknis dan metode pembelajaran agar kualitas pembelajaran semakin baik dan menyenangkan. Disamping itu karmini menegaskan bahwa hasil yang hendak dicapai utamanya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis IT.


Muhammad Amin, SEI, M.Pd, Kepala seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya mengingatkan agar KKG ini benar-benar dijadikan sebagai wadah belajar guru untuk saling berbagi ilmu, pengalaman dan sharing pengetahuan. Begitu banyak mamfaat dari KKG ini jika guru sadar dan mau memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, diantaranya adalah a) Sebagai tempat pembahasan dan pemecahan masalah bagi para guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Masalah-masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran tentu sangat beragam bentuk dan modelnya. Penanganan terhadap setiap persoalanpun untuk mencari jalan keluar jelas akan berbeda dengan persoalan lainnya. Dapat dipahami bahwa semua guru belum tentu berpengalaman dalam membuat media pembelajaran di masa pendemi covid19 diantara bagaimana cara memanfaatkan video menjadi media pembelajaran, merupakan salah satu persoalan. Untuk mengatasi persoalan - persoalan yang sulit dipecahkan seperti ini tentu diperlukan sebuah wadah yang dapat berperan untuk mengatasi yaitu dengan cara berdiskusi dan berbagi pengalaman. b) Sebagai wadah kegiatan para guru yang tergabung dalam satu gugus yang ingin meningkatkan profesionalnya secara bersama-sama. Peningkatan profesional guru memang suatu keniscayaan, dan madrasah pada dasarnya mempunyai kewajiban dalam hal itu. Akan tetapi melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan rasau Jaya, madrasah dapat peningkatan dan mewujudkan kualitas guru. Jadi madrasah tidak terlalu repot mengadakan berbagai macam pelatihan, cukup dengan mengutus gurunya mengikuti program yang dilaksanakan oleh KKG Kecamatan Rasau Jaya . berkaitan dengan usaha peningkatan hasil belajar. d) Penigkatan hasil pembelajaran melalui pembaharuan pendidikan dapat diwujudkan melalui KKG. Caranya adalah menyerap informasi sebanyak-banyaknya tentang format-format dan strategi pembaharuan pendidikan yang kemudian dapat diaplikasikan atau dipraktekkan di sekolah masing-masing. Sebagai pusat kegiatan praktek pembuatan alat peraga, penggunaan perpustakaan serta perolehan berbagai keterampilan mengajar maupun pengembangan administrasi kelas. 


acara dilanjutkan hingga sore hari dengan menitikberatkan pada teknik pembuatan media pembelajaran berbasis IT.