GALERI FOTO_DWP KEMENAG KUBU RAYA MENYANTUNI ANAK YATIM

GALERI FOTO_DWP KEMENAG KUBU RAYA MENYANTUNI ANAK YATIM

Dharma Wanita Pergerakan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya melakukan safari sosial dan dakwah ke panti asuhan bertepatan dengan tanggal 10 muharram 1443 H/ 21 Agustus 2021. Kali ini panti asuhan yang disambangi oleh DWP pimpinan Hj. Warniwati, S.Pd.I ini adalah panti asuhan yang berlokasi di Pondok Pesantren Attaqwir Desa Siak Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Didampingi oleh anggota DWP, Warniwati menyerahkan sejumlah bantuan kepada kuam dluafa yatim piatu berupa bingkisan dan seperangkat pakaian shalat. Warniwati mengatakan bahwa niatnya hanya semata-mata karena mengahrap ridlo Allah swt dengan harapan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi pihak yang sangat membutuhkan dalam hal ini adalah anak yatim. 

pemberian bantuan kepada anak yatim merupkan kegiatan rutinaitas tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 10 muharram oleh Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama kabupaten Kubu Raya. hal ini disebabkan karena pada bulan muharram memiliki banyak keutamaan terutama yang berhubungan dengan anak yatim. 


Tanggal 10 Muharam merupakan Hari Raya dari anak-anak Yatim sebagaimana sabda Rasulullah saw. “Dari Anas ra, ia berkata: Rasulullah SAW datang ke kota Madinah dan mereka (orang Madinah) menjadikan dua hari raya di mana mereka bergembira dengan dua hari raya tersebut. Rasulullah kemudian bertanya: “Apa yang dimaksud dua hari ini?” Mereka menjawab: “Kami biasa bermain (bergembira) pada dua hari ini sejak zaman Jahiliyah.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menggantikan untukmu dengan dua hari raya yang lebih baik dari padanya, yaitu hari raya Adha dan hari raya Fitri” (HR Abu Daud)

Penjelasan lain disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah sangat menyayangi anak-anak yatim dan memberikan jamuan untuk mereka pada HARI ASYURA (10 Muharram).

Nabi muhammad saw sangat menganjurkan agar kita senantiasa memuliakan anak yatim. sebagaimana yang dikisahkan dalam sebuah hadis bahwa pada suatu ketika suatu ketika Rasulullah Muhammad SAW bertemu dengan seorang anak pada saat beliau berangkat untuk menunaikan shalat ied. Anak tersebut berpakaian kumal seorang diri sambil menangis. Ketika ditanya oleh Rasulullah saw ternyata anak tersebut adalah seorang yatim yang ayahnya wafat dalam suatu peperangan. 

Lantaran merasa iba melihat kondisi sang anak itu, Rasulullahpun pun lantas merawatnya dan memberinya pakaian, makanan sampai kenyang dan  menghiasinya dengan minyak wangi. 

bahkan dalam riwayat lain rasulullah juga pernah mengatkan:

“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

begitu pedulinya rasulullah saw terhadap anak yatim sehingga baginda menjamin bagi orang yang memelihara anak yatim akan dijamin masuk surga. 

inilah yang menjadi salah satu motivasi bagi DWP Kemenag Kubu Raya menjadikan anak yatim sebagai salah satu tujuannya untuk memberi santunan.

kemudian pimpinan pondok pesantren attaqwir mengucapkan syukur kepada Allah swt dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan DWP yang telah sudi mampir sekaligus memberi santunan kepada anak asuhnya. sembari mengangkat tangan beliau bersoa semoda ibu DWP senantiasa sehat wal afiat, murah rezekinya, selamat dunia akhirat dan selalu dalam lindungan Allah swt 

Setelah pemberian santunan dan silaturrahmi selesai, kemudian anggota DWP meminta ijin untuk beranjak pulang kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama antara rombomgan DWP, pengasuh panti asuhan dan anak yatim.










Buka Komentar