KKM MI MTS MA DAN MUARE OPMA SUNGAI KAKAP SELENGGARAKAN SOSIALISASI ANBK

KKM MI MTS MA DAN MUARE OPMA SUNGAI KAKAP SELENGGARAKAN SOSIALISASI ANBK

 

PENDIS KUBU RAYA: Operator Madrasah (OPMA) Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya melaksanakan kegiatan sosialisasi ANBK MI MTs dan MA tanggal 28 Agustus 2021 di Masjid MI Awaluddin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Acara sosialisasi diselenggaran sebagai persiapan dalam menghadapai Asesmen Nasional Berbasis Komputer tahun 2021 pada madrasah dibawah binaan Kantor Kementerian Agama. 

Kasi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya Muhammad Amin, SEI, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya Asesmen. Menurutnya asesmen merupakan program penilaian terhadap mutu setiap madrasah. Saat ini mutu Pendidikan tidak lagi dinilai berdasarkan akumulasi nilai koqnitif per siswa akan tetapi mutu pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dalam satuan Pendidikan berdasarkan literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut nantinya akan diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Kasi pendis Kembali menegaskan bahwa Asesmen Nasional bukan untuk menentukan kelulusan melainkan untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, kesenjangan yang terjadi di dalam sistem pendidikan misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu tempat, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu. Tujuannya untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Dengan asesmen nantinya akan diperoleh gambaran gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong madrasah dan Kementerian Agama khususnya kemenag Kubu Raya untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran bukan pada nilai akhir pembelajaran.

Selain dihadiri Kasi pendis, kegiatan juga dihadiri oleh ketua KKM MI ustad Asroji, S.Pd.I dan ketua KKM MTs Kecamatan Sungai Kakap Rohana, S.Pd.I didampingi kepala MI Awaluddin Nikmaturrohmah, S.Pd.I. 

Dalam sambutannya ketua KKM MI ustad Asroji, S.Pd.I dan ketua KKM MTs Kecamatan Sungai Kakap Rohana, S.Pd.I menekankan akan pentingnya kegiatan tersebut dengan harapan setelah sosialisasi dilaksanakan semua peserta dapat melaksanakan ANBK dengan baik dan benar mulai dari persiapan sarana, simulasi hingga pelaksanaan. Disamping itu ketua KKM juga menyampaikan agar operator aktif menghadiri setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh KKM maupun yang dilaksankan oleh kelompok operator itu sendiri yang tergabung dalam OPMA. Harapan tersebut bukan tidak beralasan karena operator merupakan kaki tangan kepala madrasah, tanpa operator mustahil data-data yang berhubungan dengan administrasi dapat terpenuhi, sambung Rohana.

Ketua KKM MI Kecamatan Sungai Kakap Asroji, S.Pd.I menyinggung tentang masih adanya kepala dan operator madrasah yang tidak hadir dalam kegiatan sosialisai ini. Padahal menurutnya kegiatan yang diselenggarakannya sangat penting untuk diikuti oleh seluruh kepala dan operator agar madrasah Kecamatan Sungai Kakap tidak ada yang absen dalam pelaksanaan ANBK. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal panitia kegiatan Hengki Sugiharto, S.Pd menghadirkan seorang tutor Helfdesk ANBK Provinsi Kalimantan Barat Fauzan, S.Pd.I. Bukan hanya Fauzan tapi Hengki juga mengundang beberapa operator madrasah tingkat kabupaten yang tergabung dalam tim Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan atau lebih dikenal dengan istilah tim SIAP. Tim SIAP merupakan tim yang terbentuk untuk membantu kepala dan operator yang kesulitan dalam mengatasi eror system aplikasi pendidikan madrasah selama 5 tahun terakhir seperti Emis, Vervalpd, Simsarpras, Simpatika, ANbk. Selain menghadirkan helfdesk ABNK tingkat Provinsi, Koordinator Operator Madrasah Kecamatan Sungai Kakap yang juga sebagai Fasda literasi Hengki Sugiharto, S.pd.I mengundang 4 orang pendamping tutor yang sudah malang melintang dalam penanganan masalah aplikasi diantaranya adalah Misli SR, S.Pd.I, Ahmad Romli, S.Pd.I, Rasimin, S.Pd.I dan Tohe Purwanto, S.Pd.I. Harapannya tidak lain adalah untuk menyukseskan ANBK yang akan dihela di tahun 2021 ini. 

Hengki menyebutkan bahwa peserta yang hadir berasal dari 29 madrasah se Kecamatan Sungai kakap Kabupaten Kubu Raya yaitu: 

1. MIS Al Raudhatul Islmiyah 

2. MIS Miftahul Sungai Bemban

3. MIS Al Raudhatul Islamiyah II 

4. MIS Awaluddin

5. MIS Assasul Mubtadiin 

6. MIS tarbiyatusibyan

7. MIS Al Muhajirin

8. MIS At – Taqwa

9. MIS Darusslam 

10. MIS. Miftahussalam

11. MIS Bayanul Ulum 

12. MIS MU II Parit Rintis 

13. MIS Baitul Hikmah

14. MIS Raudhatul Ulum Tanjung Saleh 

15. MIS Miftahul Ulum Puggur 

16. MIS Darusslam 1 

17. MIS Darussalam 

18. MIS Riyadatul U’qul Dusun Cendrawasih

19. MTS. Al RAudhatul Islamiyah 

20. MTS. Hidayatumuhsinin 

21. MTS. An Nur

22. MTS. At-Taminiyah

23. MTS. As Shiddiqiyyah

24. MTS. Darutillawah 

25. MTS. Darussalam 1

26. MTS Al Muhajirin 

27. MTS. Miftahussalam 

28. MTS. Miftahul Ulum 

29. MAS. Miftahul Ulum Punggur

Kegiatan dilanjutkan sampai menjelang sore hari dengan teknis persiapan sarana, simulasi hingga pelaksanaan ANBK yang dipandu langsung oleh Fauzan, S.Pd.I.  


Buka Komentar