RA

RA


 Kubu Raya (pendis) – Kelompok Kerja Guru Raudhatul Athfal (KKGRA) Kabupaten Kubu Raya pertama kali dilaksanakan setelah selama kurang lebih 1,6 tahun vakum dikarenakan masa pandemi Covid 19. Pertemuan kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13-10-2021 di RA Minhajul Amilin yang beralamat di Jl. Harapan Setia Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Pertemuan KKGRA kali ini dihadiri 13 RA terdiri dari Kepala dan guru RA. Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Amirudin, S.HI pengolah data RA Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya.

Kepala RA Minhajul Amilin Suryati, S.Pd.I dalam sambutanya menyampaikan terimakasih kepada Kasi Pendidikan Islam yang dalam hal ini diwakili oleh Amiruddin, SHI,  pengelola data RA Kemenag Kubu Raya yang telah bersedia hadir dalam kegiatan ini sekaligus melakukan silaturrahmi terhadap guru RA se Kubu Raya. 

Suryati menekankan pentingnya pertemuan ini agar RA senantiasa mendapatkan informasi penting tentang RA diantaranya adalah  kegiatan porseni yang sebentar lagi akan digelar. disamping itu kepala RA harus memiliki kemampuan manajemen dalam mengelola keuangan sehingga setiap bantuan diterima berupa BOP dapat di SPJ kan dengan baik dan benar.

untuk memantapkan kemampuan kepala RA dalam menyusun SPJ, maka pada kegiatan ini mengundang Yaumi, S.Pd.I dari pengelola data pendis untuk menyampaikan materi tentang penyusunan SPJ BOP mulai dari BKU sampai dengan penyusunan belanja 

Ibu Hj. Suryat, M. Pd.I dalam sambutanya menghimbau kepada seluruh RA untuk hadir setiap bulan pada kegiatan KKGRA, beliau mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan pesan  dari bapak Kasi Pendis Kemenag Kabupaten Kubu Raya bapak Muhammad Amin, SEI, M.Pd dalam sambutannya pada kegiatan Rapat Kerja Koordinasi dan Evaluasi Program Kerja KKM, KKG, MGMP pada hari Selasa, 12-10-2021 di MIS Imaduddin Kecamatan Sungai Raya mengatakan bahwa setiap madrasah dan RA wajib hadir dalam kegiatan KKG. Hal ini bertujuan supaya semua informasi yang disampaikan pada kegiatan KKG dapat sampai langsung kepada RA dan madrasah yang bersangkutan.

Selanjutnya, ibu Yaumi, S.Pd.I memaparkan materi kelanjutan dari pertemuan KKRA pada hari Kamis, 7-10-2021 minggu lalu di RA Mambaul Ulum Sungai Ambawang, pada penyampaian materi kali ini beliau menggunakan aplikasi yang sudah disempurnakan dan lebih lengkap dari sebelumnya, sehingga lebih memudahkan bagi kepala dan operator RA dalam penyusunan LPJ BOP RA. Pada pertemuan kali ini semua kepala RA dan operator RA yang hadir melakukan praktek langsung dalam menginput data ke dalam aplikasi yang telah disiapkan. 

Dengan praktek langsung ini diharapkan semua RA bisa menggunakan aplikasi dengan baik dan benar. Selanjutnya, ibu Yaumi, S.Pd.I juga mengatakan apabila menemukan kesulitan, kekeliruan pada saat menggunakan aplikasi tersebut maka beliau siap membantu melalui jarak jauh yaitu video call atu zoom meeting.

Ketua KKRA Kabupaten Kubu Raya ibu Hj. Suryati, M.Pd.I juga menyampaikan informasi persiapan PORSENI yang insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022, bagi peserta lomba yang mendapat juara 1,2 dan 3 pada tingkat kabupaten maka akan dikirim pada PORSENI tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan April tahun 2022. Peserta PORSENI ini terdiri dari guru dan anak didik RA se kabupaten Kubu Raya. Adapun cabang yang akan dilombakan untuk kategori anak yaitu senam anak soleh, tari kreasi islami, mewarnai, sholat dhuha bersama, hafalan hadits dan gerakannya, da’i cilik, Hifzil, dan azan beserta do’a setelah azan. Kemudian cabang lomba untu guru terdiri dari tahfiz juz 30, mendongeng berpasangan menggunakan alat peraga, gerak dan lagu, kultum,  paduan suara (menyanyi lagu Hymne Madrasah, Mars IGRA, dan Mars Guru.

Ketua KKGRA Kabupaten Kubu Raya ibu Irma Sintania, S.Pd. AUD menyampaikan informasi tentang pengisian LOKUS, program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan dan IGRA yang disebut PAUD-HI (Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak RA seluruh Indonesia yang dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Agustus sampai dengan November 2021.

Buka Komentar