PONTREN KUBU RAYA MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA PADA HUT RI KE 74

PONTREN KUBU RAYA MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA PADA HUT RI KE 74

 


PENDIS KUBU RAYA. Sejarah telah membuktikan bahwa perkembangan Islam di Indonesia akhirnya telah menempatkan Pendidikan islam sebagai satu bagian dari sisem Pendidikan nasional. Secara teoritis ini tidak berarti mengurangi substansi Pendidikan islam yang diyakini oleh umat islam sebagai bagian dari pengabdian seorang hamba terhadap tuhannya. Sebaliknya, ini juga berarti Pendidikan islam yang memili karakteristik yang universal dapat menawarkan bentuk dan pola yang beragam, tergantung tempat dimana ia berada. Salah satu penampilan atau bentuk pendidikan islam yang berkembang di Indonesia adalah pondok pesantren. Disinilah dengan segala keunikannya pondok pesantren telah memainkan peranan yang amat yang signifikan dalam pengembangan Pendidikan masyarakat. Pesantren sesungguhnya sangat memiliki banyak alasan untuk menjadi Lembaga berkualitas yang secara ideal dapat memenuhi kebutuhan Pendidikan dan keagamaan masyarakat muslim.

Pondok pesantren bagian dari wacana yang tidak akan pernah putus selama kita mau mengkajinya. Dalam pemahaman umum, pondok pesantren memang dikenal sebagai Lembaga Pendidikan tradisional islam yang sudah mengakar di masyarakat. Makna tradisional dalam pemahaman umum tadi bukan berarti pondok pesantren tidak mengalami modernisasi, inovasi dan kreasi. Tetapi yang patut dipahami dari arti tradisional adalah pondok pesantren sebgai Lembaga keagamaan khususnya islam tetap mempertahankan tradisinya untuk memelihara ajaran islam yang benar melalui pembelajaran ilmu-ilmu agama atau yang sering dikenal dengan tafaqquh fiddin.

Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang mempunyai tradisi dan sejarah panjang di Indonesia. Pondok Pesantren bahkan sudah ada sebelum negara ini merdeka. Ajaran prinsip yang diterapkan di pesantren bahwa Tanah Air merupakan tempat untuk mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan. Kalau tidak cinta dan tidak menjaga keutuhan tanah Air ini maka tidak akan ada tempat untuk menerapkan nilai-nilai agama. Bagi pesantren menerapkan nilai-nilai agama merupakan kewajiban. Maka, menjaga Tanah Air merupakan kebajikan juga.

Sehubungan dengan hal tersebut maka ajaran dan paham ekstrimisme jelas bertolak belakang dengan nilai-nilai pokok yang diajarkan pesantren. Salah satu ciri khas extrimisme adalah adanya paham mengkafirkan sesama muslim (takfiri), membid’ahkan amaliah yang tidak dia pahami, bahkan melakukan tindakan amoral dengan menyerang siapa saja dan menganggap bahwa suatu kelompok belum sempurna keislamannya jika tidak bergabung dengan kelompok dirinya.

Alhamdulillah hingga saat ini khususnya pondok Pesantren di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat tetap utuh dalam menebarkan kedamaian, melebarkan sayapnya dalam menegakkan syariat Islam dan tetap setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini terbukti di hari ulang tahun Negara Republik Indonesia ke 74, dibawah teriknya panas matahari para kiyai dan santri tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berbaris melaksanakan upacara bendahara walaupun dalam suasana terbatas karena masih dalam suasana covid19. Mencintai tanah air adalah suatu hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi karena mencintai tanah air merupakan bagian dari iman (hubbul watan minal iman)

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 disambut gembira oleh pondok pesantren sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Allah yang telah memberikan kemenangan kepada bangsa Indonesia.

Sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah swt dan sebagai penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan bangsa Indonesia ini dari tangan penjajah, maka pondok pesantren kabupaten kubu raya turut ambil bagian dalam melaksanakan upacara bendera. Diantara pondok pesantren melaksanakan upacara bendera adalah:

Listing pontren yg melaksanakan upacara bendera 17 Agt 2021

1. Raudhatul ulum Meranti

2. Miftahul ulum sui ambangah

3. Rubath naqsabandiyah

4. Nahdlatul Athfal

5. PPM Nurul Amin

6. PP almansyur

7.PP. ANNURIYAH

8.Miftahul Ulum Parit Masigi

9. PP Miftahul Ulum Punggur

10.PP.HIDAYATUL MUBTADIIN

11. PP.  Darun Nasyi'in

12. PP.Darul Ulum

13. PP. Darul Falah ( Pal 9 Parit Gado)

14. PP. Tuhfatul Athfal

15. PP Nurul Yaqien (Sungai Raya)

16 Pontren Mambaul Ulum Punggur Kecil

17. Pesantren Darul Hijrah

18, pp Salafiyah Ibrahimy, terentang

19. PP RUDHLATUL FIRDAUS

20. Ma'had Al Faqihil muqoddam

21.Pontren Nurussyamsi Walqomar Sungai Melaye

22. PP. Mambaul Ulum Kampung Baru

23.PP. Al Habib Sholeh bin Alwi Al Haddad Sui Ambawang

24. PP. Nurul Huda2 Punggur kecil

25.pp Anta al amin

26.pp.Al-Mas'udiyah

27. PP. Tahfidzul Qur'an waddawah Daarul ishlah assalafiyah (desa kapur

















by; em amin

 

 

Buka Komentar