KKM MTS 04 SUNGAI RAYA SELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI SEKALIGUS BEDAH DOKUMEN 1

KKM MTS 04 SUNGAI RAYA SELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI SEKALIGUS BEDAH DOKUMEN 1

PENDIS KUBU RAYA_Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs. Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya menggelar pertemuan dengan agenda rapat koordinasi sekaligus bedah dokumen 1 dan penyusunan program kerja. Pertemuan kali ini dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021di MTs Hidayatul Muslimin yang beralamat di Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu.

Kegiatan dihadiri oleh pengurus dan anggota KKM MTs 04 Kecamatan Sungai Raya yang langsung dibuka oleh Kasi Pendis Muhammad Amin, SEI, M.Pd.

Mengawali sambutannya, Kasi pendis menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang dihela oleh KKM MTs. Kasi pendis berpesan agar KKM MTs segera megaktifkan Kembali mesin organisasi yang hampir dua tahun terakhir terkendala karena pandemi covid19 dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang dikenal dengan 5M yaitu, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Ditegaskan bahwa KKM merupakan wadah perkumpulan yang anggotanya terdiri dari kepala madrasah. Oleh karena itu KKM harus mampu meningkatkan lima kompetensi dasar yang menjadi tugas pokok dan fungsi kepala madrasah yaitu kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Tanpa peningkatan lima kompetensi tersebut maka sulit bagi kepala madrasah dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di satuan kerja masing-masing.

Disela sambutannya kasi pendis menyinggung tentang pentingnya moderasi beragama yang mesti ditanamkan ke dalam jiwa peserta didik sejak dini. Jangan sampai anak didik kita terpapar dengan paham-paham radikal yang tidak sejalan dengan ideologi bangsa dan negara. Akhir-akahir ini bangsa disibukkan dengan berkembangnya paham radikalisme yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu ciri pokok yang dapat dikenali dari adanya paham radikalisme diantarana berpandangan bahwa menyanyikan lagu kebangsaan tidak boleh, menghormati bendera haram, tradisi yang diisi dengan nilai-nilai keagamaan bid’ah dan menganggap tidak sempurna islam seseorang apabila tidak sejalan dengan paham keagamaan yang dianutnya sehingga menghalalkan darah sesamanya, ini sangat berbahaya dalam berbangsa dan bernegara, jangan sampai dunia Pendidikan dikotori dengan paham seperti ini.

Diakhir sambutannya kasi pendis juga mengingatkan tentang pentingnya dokumen 1 yang berisi visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan. Dokumen 1 diharapkan mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan. Kasi pendis berharap agar pertemuan yang menjadi program rutinitas KKM ini harus mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh madrasah. Di forum inilah kepala madrasah punya kesempatan untuk saling belajar, saling berdiskusi bertukar pikiran dan saling berbagi ilmu pengetahuan dan terus berfikir untuk memajukan madrasah. Kunci dari kesuksesan adalah tetap bersyukur, semangat, pantang menyerah, optimis dan tidak banyak mengeluh.

Ketua KKM MTs 04 Sungai Raya Rafe’ah, S.Pd.I juga menyampaikan sambutan hangat dan rasa terima kasihnya kepada pengurus dan segenap anggota KKM yang turut hadir dalam kegiatan koordinasi sekaligus penyusunan dokumen 1. Rafe’ah berharap KKM yang dipimpinnya dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di satuan kerja masing-masing sehingga dapat menarik minat orang tua untuk mempercayakan pendidikan anak-anaknya di madrasah. Alhamdulillah sejak diterbitkannya SK KKM MTs 04 oleh Kantor Kementerian Agama Kabupten Kubu Raya di awal tahun 2021 yang lalu mengalami peningkatan dari segi ilmu pengetahuan, diantaranya adalah anggota KKM MTS telah mampu membuat soal HOT (Hight Order thinking) mulai kisi-kisi sampai pembuatan naskah ujian. Dengan adanya peningkatan ini, kedepan madrasah tidak lagi menjadi pelarian bagi siswa yang tidak diterima di sekolah umum tapi madrasah harus menjadi pilihan pertama bagi masyarakat, harapannya dengan penuh rasa optimis.

Acara dilanjutkan hingga siang menjelang sore dengan agenda bedah dokumen 1 dibimbing langsung oleh dua orang pengawas madrasah Kabupaten Kubu Raya yaitu Tugino, M.Pd dan Anwar M Noer S.Pd.I.

Buka Komentar