MAN 1 KUBU RAYA SEMARAKKAN HAORMAS KE 38 DGN TARI HARMONI

MAN 1 KUBU RAYA SEMARAKKAN HAORMAS KE 38 DGN TARI HARMONI

 


Kubu Raya-

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kubu Raya mengadakan lomba senam “Joget Pesona Kubu Raya” dalam rangka peringatan Haornas ke-38. Lomba ini terbuka untuk umum, baik pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, instansi pemerintah di kabupaten Kubu Raya. Diselenggarakan secara virtual sehingga tiap tim harus membuat video rekaman senam dan mengunggahnya di channel youtube, kemudian mengirim linknya ke panitia lomba. Penilaiannya didasarkan pada beberapa kriteria, di antaranya penampilan umum (kerapian/keseragaman/kesan umum, pakaian, sepatu, rambut, aksesoris, disiplin/semangat, antusias, dan percaya diri), teknik gerak, kekompakan, dan kreativitas.

Untuk menyemarakkan kegitan ini, Kemenag Kubu Raya ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut dengan menurunkan 2 tim. Peserta dari kedua tim ini adalah siswa-siswi MAN 1 Kubu Raya. Setiap tim terdiri atas 6 orang. Tim A beranggotakan Qori Nofitri, Hajid Rahmat Zulfi, Akmal Agusdiansyah, Doni Sumardin, Ilyasa Suryanto dan Jayanti. Sedangkan anggota tim B yaitu Evitha Febrianti, Uci Safitri Wulandari, Laili Rahmawati, Anisah Nur Admanegara, Umi Aisyah dan Hisma Raisya Riswara. Kedua tim dilatih oleh Siti Karimah, S.Pd dibantu oleh asisten pelatih Arum Kurniasih yang merupakan alumni MAN 1 Kubu Raya dan sekarang sedang melanjutkan pendidikan di Jurusan Pendidikan Seni Tari Universitas Tanjungpura. Dengan  latihan yang cukup melelahkan, proses take video akhirnya bisa dilaksanakan pada Kamis, 2 September 2021 di depan ruang Hall Kantor Bupati Kubu Raya.

Menurut Siti Karimah, S.Pd sebagai guru Seni Budaya di MAN 1 Kubu Raya sekaligus pembimbing bagi kedua tim ini, proses take video adalah sebuah proses panjang. Mereka harus sering mengulang untuk mendapatkan hasil maksimal, karena proses pengambilan video harus sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh panitia tanpa proses editing. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini, ruang gerak serba terbatas karena harus tetap menjaga jarak. Namun, ia merasa bangga  dengan semangat yang ditunjukkan oleh peserta lomba. Ia menuturkan “Dengan waktu latihan yang cukup singkat dan deadline yang sudah dekat, Rima yakin anak-anak sudah memberikan usaha terbaik mereka.”

Guru yang baru-baru ini berhasil mewakili Kubu Raya di ajang pemilihan Pemuda Pelopor bidang sosial budaya ke tingkat provinsi Kalimantan Barat ini juga memaparkan manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta lomba senam yaitu melatih rasa percaya diri, berani tampil dan ambil bagian, melatih kerjasama dan kekompakan dalam kelompok, melatih mental dalam BERPROSES, melatih sikap kepemimpinan diri dan kelompok, belajar bagaimana mengorganisasikan kelompoknya dan kepedulian dan saling mengingatkan serta saling menjaga anggota kelompok. Ia juga menilai adanya keterlibatan masyarakat membuat masyarakat merasa diberi andil dan  wadah untuk berekspresi dan berkreasi sehingga timbul rasa simpati dan empati di bidang seni dan budaya. Adanya lomba ini juga menjadi wujud kerjasama yang baik, dan koordinasi yang sehat antara pemerintah dan masyarakat.

Kepala MAN 1 Kubu Raya, Dra.Hj.Sufiatun, M.Pd ikut memberikan dukungan penuh bagi peserta didiknya yang mengikuti lomba. Beliau juga mengajak seluruh jajarannya dan keluarga besar Kementerian Agama Kubu Raya untuk ikut memberikan dukungan berupa like, comment dan share kedua video yang telah diunggah di laman youtube masing-masing peserta. Dukungan pada tim A bisa diberikan dengan membuka link https://youtu.be/INIWZ9vnUoq dan untuk tim B bisa diklik di link https://youtu.be/8c3BvcbITPk. Tidak lupa beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu seluruh proses latihan hingga take video, juga kepada teman, rekan dan masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada kedua tim. Semoga kedua tim meraih kesuksesan.

Buka Komentar