TWIBBON AKMI: AYO SUKSESKAN AKMI 2021

TWIBBON AKMI: AYO SUKSESKAN AKMI 2021

AKMI_Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Tahun ini, AKMI dikhususkan bagi siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di seluruh Indonesia. 

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh Isom Yusqi di Jakarta pada Rabu (4/8/2021) mengatakan bahwa AKMI tahun 2021 bertujuan untuk mengukur beberapa tingkatan literasi siswa yaitu tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 MI," sambungnya.

Pertanyaannya mengapa tidak semua MI diikutkan AKMI.

pada penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia di tahun 2021 hanya akan diikuti oleh 50 persen dari seluruh Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia. Madrasah pelaksana AKMI tersebut terdiri dari madrasah negeri dan swasta yang telah memiliki ijin operasional (IJOB), memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN), dan terdaftar dalam aplikasi EMIS madrasah. Sedangkan madrasah yang tidak mengikuti AKMI 2021 akan diikutkan pada tahun 2022 bersama MTs dan MA.

Penyelenggaraan AKMI Tahun 2021 direncanakan akan digelar mulai tanggal 8-20 Nopember 2021 yang mana setiap siswa diberikan waktu mengikuti asesmen selama dua hari berturut-turut dengan materi yang meliputi literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, dan survei karakter sosial budaya.

berbeda dengan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang hanya mengambil sampel secara acak 30 siswa SD/MI saja. Sedangkan pada AKMI semua siswa kelas 5 akan menjadi peserta. syarat peserta AKMI adalah terekam di data Emis, siswa aktif dan memiliki NISN. 

Untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanakan AKMI tahun 2021 yang digelar oleh kementerian Agama mari ramaikan dengan menyebarkan foto ber TWIBBON AKMI 2021 dengan harapan AKMI dapat tersosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan mengenalkan kepada siswa MI MTs dan MA yang tidak menjadi peserta AKMI 2021 untuk menyiapkan diri mengikuti AKMI tahun 2021


TWIBBON AKMI 2021

TWIBBON AKMI 2021

TWIBBON AKMI 2021


Buka Komentar