KEMENAG KUBU RAYA GELAR PENDAMPINGAN UPDATING DATA EMIS PONTREN

KEMENAG KUBU RAYA GELAR PENDAMPINGAN UPDATING DATA EMIS PONTREN

 


infoPendis : Kantor Kementerian Agama kabupaten Kubu Raya melalui seksi Pendidikan Islam laksanakan pendampingan updating data emis bagi lembaga keagamaan Islam atau pondok pesantren. Pendampingan updating data emis dilaksanakan pada 31/03/2022 di hotel maestro Jl. Sultan Syahrir Pontianak.


Sebanyak 50 Pondok Pesantren mengikuti acara pendampingan updating data emis mulai pukul 07.30 sampai jam 15.00 WIB. 


Acara dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya H Ruslan, S.Ag, MA memberi arahan sekaligus membuka acara, kasi pendis Kemenag Kubu Raya M Amin, SEI, M.Pd,  Sub Koordinator seksi system informasi dan kesetaraan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Parlindungan, SE, M.Si dan operator emis pontren Kanwil Kemenag Indah Waluya Ningrum, SE, MM.


Dalam arahannya Kepala Kantor Kemenag Kubu Raya mengatakan pentingnya data EMIS bagi pondok pesantren karena berimplikasi terhadap kebijakan anggaran apalagi akhir-akhir ini pondok pesantren mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat khususnya yang terkait dengan sarana maupun peningkatan kualitas pesantren. 


Data emis pondok pesantren ini juga berfungsi sebagai wadah untuk memudahkan administrasi, penyaluran bantuan serta sebagai penunjang kegiatan perencanaan dan pengambilan kebijakan terkait program Pendidikan, ucap Ruslan saat membuka acara dengan sejumlah operator pondok pesantren yang hadir.


Disamping itu, kasi pendis kemenag kubu raya M Amin, SEI, M.Pd menyampaikan bahwa jumlah pondok pesantren aktif se Kabupaten Kubu Raya sebanyak 90 pondok pesantren 65 diantaranya atau 72% sudah menyelesaikan isian data emis dengan baik dan tuntas. Dengan dilaksanakannya pendampingan updating data emis ini diharapkan seluruh pondok pesantren dapat menyelesaikan emis sehingga kemenag kubu raya akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi perkembangan pesantren terkini, melakukan pemantauan dan dapat memberikan informasi dengan akurasi data yang valid


“Kasi pendis menambahkan bahwa data yang berhubungan dengan pontren bersifat dinamis tentu merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri, oleh karena itu Ia meminta operator emis pontren senantiasa berkoordinasi dengan operator EMIS Kemenag Kubu Raya dan juga operator EMIS di satuan lembaga mengingat segala jenis kebijakan termasuk didalamnya pemberian bantuan tidak lepas dari keakuratan data yang ada dalam emis”, Ujarnya.


Diakuinya, kebutuhan akurasi data pondok pesantren saat ini tidak terlepas dari lahirnya UU No 18 tahun 2019 tentang pesantren dan Keputusan Menteri Agama Nomor 83 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Data Pendidikan pada Kementerian Agama


Acara dilanjutkan dengan progress pemaparan data oleh Sub Koordinator seksi system informasi dan kesetaraan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Parlindungan, SE, M.Si. Parlind mengatakan bahwa hingga saat ini pontren Kalbar masih tertinggal dalam penyelesaian data emis jika dibandingkan dengan provinsi lain. Kita harus mengejar ketertinggalan ini dan harus tetap semangat. Saya yakin Kubu Raya pasti bisa sesuai dengan motto kabupaten yaitu “Kubu Raya Menanjak” artinya data pontren kubu raya harus menanjak terus tidak boleh kendur, ujar parlind.


Acara dilanjutkan dengan bimbingan dan Teknik

 pengisian data emis dipandu oleh operator emis

 pontren kanwil kemenag Provinsi Kalimantan Barat

 Indah Waluya Ningrum, SE, MM hingga selesai.



Buka Komentar