TWIBBON HARI SANTRI NASIONAL

TWIBBON HARI SANTRI NASIONAL

 


Hari Santri Nasional (HSN) akan diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. peringatan hari santri ditetapkan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat juang atau jihad para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah yang digelorakan oleh para ulama dan santri.


Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai hari santri karena merujuk pada satu peristiwa bersejarah yang mana pada saat itu KH. Hasyim Asy'ari mengobarkan semangat revolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945. Revolusi jihad yang dikobarkan oleh mbah Hasyim ini berisi perintah agar seluruh umat Islam angkat senjata (bambu runcing, keris, celurit, parang, badik, senjata api rampasan) berperang melawan tentara sekutu yang datang dan hendak menjajah kembali wilayah Indonesia .


Adapaun yang dimaksud dengan negara sekutu adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan jepang. Sedangkan di belakang tentara Inggris ternyata ada pasukan Belanda yang ikut membonceng dan ingin Kembali menjajah Indonesia.


Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Indonesi atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa orde baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri sebagaimana dikutif oleh Wikipedia.


Santri merupakan aset luar biasa yang dimiliki Tanah Air. Dari para santri inilah bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat sekaligus mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan. Demikian diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelang peringatan hari Santri Nasional 2021.


"peringatan hari santri tahun ini mengambil tema 'Santri Siaga Jiwa Raga' tema ini sangat cocok sebagai penyemangat dan bentuk pernyataan sikap santri agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raganya untuk membela ddan mempertahankan tanah Air, persatuan dan kesatuan Indonesia serta mewujudkan perdamaian dunia," ujar Menag saat peluncuran tema dan logo peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Kementerian Agama.


Maka dari itu, santri tidak akan pernah memberikan ruang maupun celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak kehidupan bangsa dan negara.


Hari Santri Nasional bukan hanya milik kalangan santri atau ormas Islam tertentu saja, melainkan milik segenap lapisan masyarakat dan kaum santri yang selalu siap dalam mengawal NKRI.


Muhammad Ali Ramdhani yang menjabat sebagai dirjen Pendidikan Islam Kementerian agama mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Santri 2021 di antaranya: Pesantren Virtual Exhibition, Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang meliputi VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Challenge Selamat Hari Santri, Santri Sehari Menjadi Menteri, dan berbagai kegiatan lainnya. Sebagai penutup dari rangkaian peringatan Hari Santri 2021 bakal dilaksanakan Upacara Bendera pada 22 Oktober, tuturnya.


Oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat para kiyai, habaib, santri, pelajar dan mahasiswa, pekerja kantoran, pegawai swasta, guru dan dosen, akademisi dan pekerja professional untuk ambil bagian dalam mengenalkan dan menyebarluaskan peringatan hari santri sebagai bentuk dukungan moral terhadap semangat juang para ulama dan satri.


Twibbon memiliki makna dan peran penting dalam memberi semangat, dukungan dan menyebarluaskan hari santri di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.


Berikut beberapa tribbon menarik tentang hari santri nasional yang layak anda gunakan untuk dipost di media sosial


1.   Twibbon hari santri 2021

2.   Twibbon hari santri 2021

3.   Twibbon hari santri 2021

4.   Twibbon hari santri 2021

5.   Twibbon hari santri 2021

6.   Twibbon hari santri 2021

7.   Twibbon hari santri 2021

8.   Twibbon hari santri 2021

9.   Twibbon hari santri 2021

Buka Komentar